Pesona Air Terjun Randusari Eksotik Air Terjun Nuansa Pohon Randu

Jika anda pernah berkunjung ke Bantul wisata apakah yang tebersit oleh anda? Pantai? hmm kemungkinan anda harus ketahui tujuan wisata Bantul yang ini? Ya di artikel ini kali akan diulas mengenai wisata air terjun Randusari yang ada di Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Perlu waktu sekitaran 1 jam jika anda dari pusat perkotaan yogyakarta. Lokasinya bersisihan dengan taman buah mangunan dan pucuk Becici dan air terjun Sri gethuk. Air Terjun Randusari, kenapa diberi nama randusari? Karena wisata air terjuan yang ini didekatnya ada pohon randu yang lumayan besar. Dan kata sari yang memiliki makna khusus dengan bahasa jawa. Menurut narasi di masa silam, air terjun ini dipakai oleh masyarakat untuk suplai air bersih. Tetapi, karena bersamaan perubahan jaman tempat ini dirasakan mempunyai daya magnet yang lebih tinggi hingga jadi tempat wisata.

Dengan tinggi air terjun sekitaran 15 mtr. dan kedalaman airnya cuma sekitar 1-2 mtr.. Dasar Anda akan disuguhi situasi alam yang menentramkan hati. Suara recikan air menambahkan situasi yang menggembirakan. Anda dapat senang bermain air di sini sambil nikmati pesona alam air terjun randusari ini. Untuk anda yang kemungkinan jemu dengan wisata pantai atau gunung, air terjun jadi jalan keluarnya. Dan anda dapat coba berkunjung ke sini Air Terjun Randusari.

Yang menarik ialah ada hammock disekitaran tempat ini. Anda dapat santai sambil berbaring di hammock ini. Keadaan lingkungan yang dijaga hingga bersih dari sampah. Membuat kesan-kesan asri pada tempat ini makin komplet. Selainnya itu, airnya juga jernih karena mengambil sumber dari mata air ngreboh. Walaupun wisata ini benar-benar menganakemaskan mata, sebaiknya anda masih tetap waspada. Pasalnya batu-batuan yang licin bisa jadi membuat anda tergelincir. Ditambahkan kembali pesona air terjun yang terbelah jadi 2 oleh sebuah batu menambahkan anda makin malas bergerak dari tempat ini.

air terjun randusari

Yang jadi daya magnet setelah itu ada gazebo. Anda bisa juga santai sambil nikmati keelokan alam air terjun randusari dari gazebo. Atau sekadar istirahat sekalian nikmati perbekalan makanan anda. Selainnya itu, pada tempat ini telah mempunyai sarana yang lumayan komplet. Dari mulai kamar mandi, tempat parkir, warung pedagang yang menawarkan jajan . Maka tak perlu cemas untuk anda yang lupa bawa perbekalan dari rumah.

Jika anda ingin ke sini, tempat ini umumnya cuma membuka pada musim penghujan. Medan yang dilewati juga relatif lumayan gampang, walaupun demikian anda tetap harus waspada saat ke arah air terjunnya. Dari tempat parkir anda perlu jalan sekitaran 200 mtr. atau sekitaran 15 menit perjalanan ke arah air terjun Randusari. Ongkos masuknya juga benar-benar murah cuma 2000 rupiah setiap orang. Untuk harga parkirnya standard 2000 untuk motor dan 5000 untuk mobil.

Panduan saat anda ingin berkunjung ke air terjun Randuasri ini. Pakai sandal ketika musim penghujan condong jalanan becek, apa lagi jika medan yang dilewati ialah tanah biasa. Selanjutnya janganlah lupa bawa pakaian mengganti, walaupun kelak saat disitu anda tidak bermain air sebaiknya disiapkan. Lantas, yang tidak kalah penting ialah memeriksa jalur perjalanan, jika anda ingin ke arah tempat wisata air terjun randusari ini. Berapakah lama prediksi jarak menempuh janganlah sampai anda salah penghitungan. Supaya kelak masih tetap dapat senang waktu liburan di situ, disamping itu lihat hari ketika pengunjung ramai. Selain itu, anda bisa juga berkunjung ke bukit becici atau taman buah mangunan entahlah saat sebelum atau sesudahnya. Karena lokasinya yang relatif dekat, ini menjadi paket komplet untuk berlibur anda. Randualas ini dapat menjadi alternative wisata air terjun Sri Gethuk yang sudah populer dengan wisata air terjun terbaik di Bantul.

Selainnya panduan di atas, untuk keselamatan masih tetap siaga waktu hujan turun. Saat melancong ke wisata air terjun berhati-hati dengan peralihan debet air. Dan dianjurkan tidak untuk liburan ke arah tempat wisata ini sesudah hujan, karena umumnya wisata air terjun sesudah hujan saluran air jadi cukup kotor. Selalu menjaga dan pantau beberapa anak jika turut bermain air.

Begitu ulasan berkaitan wisata air terjun randusari. Disarankan buat anda yang ingin ke sana selalu berlaku santun dimana saja. Dan selalu jaga sekitar lingkungan mulai dari tidak buang sampah asal-asalan sampai tidak menghancurkan apapun itu yang berada di tempat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.