4 Tempat Rekreasi Air yang Wajib Didatangi waktu Bertandang ke Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur

Indonesia adalah negara kepulauan yang banyak memiliki kekuatan alam yang cantik. Satu diantaranya ialah Kalimantan Timur yang sekarang ini adalah Ibu Kota Negara Baru Indonesia. Kalimantan Timur simpan beragam kekuatan rekreasi yang tidak kalah mengagumkan dari tempat rekreasi yang lain berada di Indonesia. Beragam tujuan rekreasi bisa kamu temui saat kamu liburan ke Kalimantan Timur.

Bahkan juga, cukup banyak juga negara lain mengaku jika panorama alam dan pemandangan Kalimantan Timur memang yang terbaik di dunia. Dimulai dari pantai yang berpasir putih, panorama bawah laut yang kece, sampai surga rekreasi air yang tak pernah kalah. Tidak perlu mikir panjang untuk berlibur ke Kalimantan Timur.

Berikut 4 tempat rekreasi air yang wajib didatangi waktu ke Kalimantan Timur. 

1. Pulau Derawan
Pulau Derawan sebuah pulau yang ada di Kalimantan Timur dan menjadi satu diantara tujuan rekreasi air yang terkenal. Pulau Derawan tawarkan daya tarik bahari yang akan membuat berliburmu terkesan sekali.

Ada banyak ekosistem pesisir dan pulau kecil, seperti terumbu karang, padang lamun, dan rimba mangrove. Tidak itu saja, di Pulau Derawan terdapat beragam spesies yang diproteksi, yaitu lumba-lumba, penyu sisik, penyu hijau, paus, ikan barakuda, ketam kelapa, kima, dan spesies lain.

Beragam kegiatan selingan dapat kamu kerjakan di pulau ini, dimulai dari snorkeling, diving, surving, atau sekedar hanya bermain di tepi pantai. Tidak harus cemas tersesat, sekarang ini banyak ada travel agent yang siap layani kamu untuk liburan di Pulau Derawan. Bahkan juga harga paket rekreasi bisa juga kamu samakan dengan bujet-mu. Tertarik, Beauties?

2. Gua Haji Mangku
Bukan hanya Pulau Derawan yang memberi surprise keelokan alam yang mempesona di Kalimantan Timur. Ada rekreasi air lain, yaitu Gua Haji Mangku yang dapat menjadi opsi tujuan wisatamu, lho! Tujuan Gua Haji Mangku adalah tujuan rekreasi yang populer akan tempatnya yang terselinap, karena berada di Pulau Maratua yang mana lokasi gua ini ada di tengah rimba yang dikitari pohon-pohonan rimbun.

Terdapat dua alternative bila kamu ingin bertandang ke arah tempat ini, yaitu lajur darat dan lajur laut. Untuk alternative lajur darat, pelancong bisa memakai kendaraan motor dari Pulau Maratua ke arah Dusun Payung-Payung. Saat sebelum sampai di Gua itu, beberapa pelancong harus tracking lebih kurang 10 menit untuk sampai di Gua Haji Mangku. Selanjutnya untuk alternative yang ke-2 lajur laut, pelancong bisa sewa speed boat atau perahu dengan waktu pintas 20 menit, selanjutnya harus juga diteruskan tracking sepanjang 10 menit.

Wisata Air

Sesampai disitu kamu dapat lakukan free diving atau cave diving atau snorkeling. Janganlah lupa untuk bawa peralatannya ya, Beauties! Waktu terbaik untuk berkunjung Gua Haji Mangku ialah pada siang hari, karena di saat itu sinar matahari akan masuk menerangi gua dan airnya jernih warna kebiru-biruan.

3. Pulau Kakaban

Tujuan rekreasi air selanjutnya ialah Pulau Kakaban. Bila kamu ingin menyaksikan bentuk ubur-ubur langsung, kamu dapat sekali tentukan Pulau Kakaban sebagai wishlist berliburmu!

Pulau Kakaban mempunyai kekhasan yang membuat beberapa pelancong terpana, yaitu ada danau di pulau itu. Danau itu diisikan oleh kombinasi air hujan dan serapan air laut dari pori-pori tanah. Ada ubur-ubur mini yang tidak menusuk dalam jumlah beberapa ribu dalam danau ini, dengan 2 tipe ubur-ubur, yaitu Golden Jellyfish dan Moon Jellyfisih.

Salah satunya hal yang khusus dari pulau ini ialah kamu dapat berenang atau snorkeling dengan ubur-ubur. Tidak itu saja, kamu bisa berjumpa dengan beberapa macam ikan, yaitu barakuda, hiu white panduan, black panduan, dan yang lain. Ada banyak hal yang perlu jadi perhatian saat kamu akan berenang di Danau Kakaban, yaitu dilarang memakai sunblock atau zat kimia lain karena dicemaskan bisa mencemarkan komunitas ubur-ubur.

4. Danau Labuan Cermin
Tujuan rekreasi air seterusnya yang tidak kalah terkenal ialah Danau Labuan Cermin. Danau ini ada di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin mempunyai air yang jernih, bahkan juga dasar danau dapat disaksikan terang. Diberi nama Danau Labuan Cermin karena danau ini mempunyai susunan yang bisa membuat sinar matahari membal, dan danau ini mempunyai susunan permukaan air laut asin dan air tawar, hingga ini yang bisa membuat air Danau Labuan Cermin membal.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu harus tempuh perjalanan darat lebih kurang 8 jam dari Lapangan terbang Kalimarau. Kamu bisa juga memakai agen travel supaya perjalanan lebih gampang. Saat telah tiba di lokasi kamu bisa lakukan snorkeling, tetapi kamu harus terus siaga karena danau ini mempunyai kedalaman 4 sampai 5 mtr..

Tersebut 4 referensi rekreasi air yang berada di Kalimantan Timur Ibu Kota Negara Baru Indonesia. Rekreasi mana nih yang kurang lebih ingin kamu datangi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.